Tips aman saat ngedump truk hyundai

Tips aman saat ngedump truk hyundai - Berbagai model truk ditawarkan baik oleh sales truk maupun pabrikan karoseri mulai dari bak kayu, bak besi, box, bak kupu kupu dan juga Dump truk. semuanya itu di siapka guna menunjang kegiatan dan memperlancar usaha anda, jika anda merupakan pengusaha pasir,batu pilihan tepat bila anda memilih dump truk.Dump truk memberikan keuntungan dalam unload tidak perlu lagi membutuhkan kuli bongkar yang pastinya nambah uang kan, cukup dengan menekan tuas maka bak akan terangkat dan muatan akan tumpah. hanya beberapa menit saja, sehingga truk bisa ngerit lagi dan uang cepat terkumpul.

Nge-Dump


Tidak salah jika pilihan anda jatuh pada dump truk hyundai(promosi aku ni)dump truk hyundai memiliki dimensi bak yang lain dari pada yang lain, memiliki panjang +- 4,2 m dan Lebar +- 2,2 m dengan kubikasi berkisar 10m kubik, menjadikannya dump dengan daya angkut paling besar di kelas colt diesel.

Baca Juga : Kampas rem truk Hyundai

Namun dibalik iming iming uang yang cepat terkumpul oleh si dump truk ini ternyata membutuhkan perawatan dan SDM yang lebih dibanding dengan supir truk pada umumnya. supir dump truk tidak hanya dituntut mahir dalam mengemudikan dump truk namun dituntut pula untuk bisa mengoperasikan dump/PTO, agar kecelakaan saat proses unload dapat dihindari. apa saja tips aman saat ngedump ini, mari kita simak:

1. Buka kunci tutup bak

yang pertama dan utama adalah buka dulu kunci baknya sebelum anda ngedump.karena kelalaian membuka kunci ini sangat fatal, bak akan terangkat namun muatan tidak mau turun karena bak masih tertutup, akhirnya  kabin ikut terangkat , itu masih syukur, bagaimna kalau truk terguling, saya pastikan chasis anda akan terpelintir seperti yang saya alami.jadi ingat dan ingat untuk membuka kunci bak.

2. Kenali tuas dan cara ngedump

Dibagian atas sudah saya jabarkan betapa pentingnya SDM supir dump karena disinilah dituntuk skill driver. bagaimana mau ngedump kalau caranya saja tidak tau apalagi tuasnya saja tidak tau begaimana cara kerjanya. di truk hyundai ada 2 model untuk ngedump:

Baca Juga : Fungsi Filter Oli

      a. Dengan tuas
         ada 2 tuas yang berfungsi untuk mengoperasikan dump ini,dengan mengoperasikan tuas ini maka bak akan terangakat keatas, dan kembalikan ke posisi semula maka bak akan turun.

     b. Dengan Switch
        Ada sebuah switch di dashboard untuk ngedump, anda hanya perlu memencetnya dan bak akan naik, tentunya dengan diiringi pedal gas, kembalikan ke posisi off dan bak akan kembali turun.

3.Jangan ngedump di tempat lembek

Seorang supir dump harus bisa melihat kondisi tanah/tempat untuk pijakan ngedump, Periksa kontur tanah apakah keras atau lembek. carilah tempat yang memiliki kontur yang keras agar saat ngedump ban anda tidak amblas dan akhirnya terguling.

4. Jangan ngedump di tempat miring

Selain kontur tanah, yang perlu anda perhatikan juga adalah lokasi saat anda akan ngedump apakah rata atau miring, jarang pernah ngedump di tempat miring, sudah pasti akan terguling.

5.Hati-hati saat menaikkan dan menurunkan bak.

Hati hatilah saat mengangkat bak karena inilah frase yang mendebarkan, jangan disentak sekaligus biarkan saja pelan namun selamat, serta jangan menghentak pula saat menurunkan, mentang mentang sudah kosong main hajar saja,bisa saja komponen komponen lain jadi rusak karena hentakan bak yang turun contohnya hanger per nya.

Baca Juga: Cara menaikkan dan menurunkan bak dump truk

Demikian kiranya tips aman saat ngedump semoga menambah wawasan anda semua

Load disqus comments

0 komentar