Kampas Rem Truk Hyundai

Kampas rem merupakan ujung tombak dari sistem pengereman, komponen ini langsung berhubungan dengan tromol, ketika pedal rem ditekan master cylinder akan menekan oli sampai ke 5 way dan membagi tekanan ke semua master rem pada roda, karena tekanan oli, master bawah akan menekan sepatu rem , sehingga sepatu rem akan mendekati tromol sesuai dengan daya tekan oli. anda bisa bayangkan apabila sistem pengereman dari atas bagus, semua master bagus,oli bagus, dan sistem pipe juga bagus, namun kampas rem ternyata sudah tipis, pasti hasil dari pengereman tidak akan maksimal dan kendaraan cenderung akan tetap nyelonong.
kampas rem truk hyundai
gambar : kampas rem asli hyundai

jadi sangat penting untuk mengecek bagaimana kondisi dari kampas rem ini, cara untuk mengetahui kondisi kampas rem bisa dengan visual maupun dengan indikator pengereman.

1.Pengecekan secara visual

pengecekan memang agak merepotkan karena kita harus membongkar roda, tapi memang harus kita lakukan, lepaskan roda dan lihat kondisi daripada kampas rem tersebut, jika memang sudah tipis maka segeralah ganti, karena kampas rem yag tipis, selain daya pengereman menjadi tidak maksimal, lama kelamaan tromol akan terkikis oleh gaya gesek yang ditimbulkannya, sehingga akan membuat tromol menjadi luka, dan biaya akan semakin mahal.

2. Pengecekan dengan Indikator

Tipisnya kampas rem memang tidak bisa di deteksi oleh indikator yang ada di dashboard, karena memang truk hyundai tidak dilengkapi dengan indikator kampas rem, yang ada hanya indikator oli rem dan parking brake,namun indikator yang saya maksud adalah perasaan anda waktu mengemudi, bilamana terdengar suara gesekan dan bunyi cit cit saat pengereman berlangsung, maka komponen ini patut untuk di curigai.

Baca juga : cara mengatasi master cylinder rem atas hyundai bocor

Sparepart

Seperti yang sudah saya tulis diatas tadi, bilamana truk hyundai anda kondisi kampasnya sudah tipis maka segeralah menggantinya, sparepart kampas rem truk hyundai bisa anda beli yang originalnya atau ada juga bisa mengganti dengan menggunakan kampas rem milik truk dyna, saya pernah mengganti kampas rem truk hyundai saya dengan kampas rem milik truk dyna, karena memang waktu itu sangat mendesak dan harus selesai hari itu juga, tapi ternyata kampas rem truk dyna ini sama untuk ukuran panjang dan lebarnya sehingga kita bisa memakainya, satu yang membedakannya adalah lubag untuk paku rem nya, lubang paku rem ternyata tidak sesuai dengan lubang yang ada di plat kampas remnya, tapi bisa di akali, kita tinggal bor saja lubangnya, kita buat lubang baru. sehingga kampas rem milik truk dyna bisa sesuai untuk truk hyundai kita.

Note : Perlu anda ketahui bahwa kampas rem Truk hyundai 125 PS berbeda dengan truk hyundai 136 PS, untuk 136 PS memiliki lebar yang lebih besar dibanding dengan 125 PS.

demikian sobat sekelumit informasi seputar kampas rem truk hyundai, semoga bermanfaat bagi anda, manfaat bagi anda kebahagiaan bagi saya. akhir kata salam satu aspal


Load disqus comments

0 komentar