Syncromesh truk hyundai

Sincromesh- Pada artikel kali ini saya kan membahas tentang syncromesh truk hyundai, karena part ini sering diorder oleh teman-teman pencinta hyundai, jadi saya merasa perlu untuk membagi info tentang harga dan cara mendapatkan syncromesh ini.

komponen ini terbuat dari kuningan, sekilas kalau kita lihat warnanya kuning keemasan, kenapa komponen yang ada di box transmisi ini memiliki bahan yang terbuat dari kuningan, berbeda dengan komponen-komponen lain seperti gigi transmisi yang terlihat sangat kokoh.

komposisinya memang dibuat tidak sekuat gigi transmisi, karena komponen ini memang mudah aus mungkin saja dia dibuat agar harga pembelian komponen ini murah. syncromesh ini dihubungkan diatara clucth shaft dan gigi transmisi, biasanya syncromesh gigi 2 ke 3 pada truk hyundai sering rusak ditandai dengan gigi yang loncat

Baca Juga : Gigi transmisi loncat, kenali penyebabnya

Fungsi dan cara kerja syncromesh

Fungsi dari syncromesh ini adalah agar perpindahan gigi menjadi halus serta tidak terlalu menghentak. system kerjanya saat kita ingin menggeser tuas transmisi untuk memindahkan gigi baik untuk menurunkan kecepatan atau menambah kecepatan maka tuas transmisi akan menggerakkan shift garpu penjepit pada transmisi yang akan meneruskan gerakan ke clucth shaft untuk bergerak pada posisi gigi yang diinginkan

Sebagai contoh bila kita akan memindahkan gigi dari 2 ke 3, ketika kopling kita injak maka putaran engine ke transmisi akan terputus, sehingga terjadi perbedaan putaran antara gigi-gigi transmisi.untuk mengatasi perbedaan putaran tersebut maka shift garpu yang menuju ke gigi 3, putaran sharft dan gigi transmisinya akan disamakan oleh syncromesh terlebih dahulu sebelum gigi 2 menuju 3 sehingga, perpindahan gigi menjadi halus karena putaran gigi dengan clucth shaft sudah sama.

Gigi syncromesh rontok

karena kerjanya yang seperti tadi maka tidak heran jika syncromesh ini sering aus jika syncromesh ini rusak maka anda perlu untuk cepat menggantinya, karena ada kemungkinan pecahan syncromesh akan menghantam dinding-dinding transmisi maupun nyelip diantara gigi-gigi transmisi.

Sparepart syncromesh truk hyundai

untuk mengganti syncromesh ini saya tidak akan sekalipun menyarankan anda untuk mengganti dengan kanibalan, kita tahu letak syncromesh didalam transmisi, jika ada kesalahan saat penggantian, anda bisa bayangkan betapa repotnya untuk membongkar ulang, dan berapa biaya yang anda butuhkan guna menurunkan transmisi ini. jadi selalu gunakan yang sudah pasti dan ori.

Syncromesh ini di jual satu set, tapi untuk satu gigi saja jadi bila cuma satu syncromesh saja yang rusak anda cukup membelinya satu saja, satu ini maksud saya, kalau syncromesh gigi 3 yang rusak maka cukup itu saja.
syncromesh truk hyundai

dalam 1 dus terdapat 3 gigi syncromesh, ini jika anda membelinya baru,seperti pada gambar diatas, harga dari syncromesh yang sering rusak yaitu gigi 2 dan 3 antara Rp. 1.375.000.

Sekian dulu info sparepart kali ini, semoga membantu anda dan selalu gunakan sparepart asli hyundai supaya tidak ada keraguan saat menggantinya. salam sukses dan terima kasih
Load disqus comments

0 komentar