Keuntungan Pungli bagi sopir truk

Pungutan liar - Pemungutan biaya yang dilakukan oleh aparat atau pegawai negeri dengan tujuan untuk memudahkan suatu perkara atau untuk dirinya sendiri. kegiatan pungli ini dikategorikan sebagai pemerasan, penipuan atau korupsi.
pungli dijalan

Kenapa mesti ada pungli

Terkadang kita dan saya sendiri merasa lelah dengan birokrasi dan pengurusan suatu hal yang lama dan berliku serta tidak pasti kapan selesainya, hal tersebut membuat kita menyerah dengan system tersebut sehingga kita lebih memilih jalan pintas yang ditawarkan oleh oknum. inilah salah satu faktor penyebab pungli begitu mendarah daging.

namun tahukah bahwa sebenarnya pungli ini memiliki banyak keuntungan bagi supir truk,
pungli dalam bahasa pergaulan biasa kita sebut nge-mel, nge mel agar perjalanan kita lancar, nge mel agar aman di jembatan timbang, nge mel agar aman sampai tujuan. terlepas dari banyaknya kerugian akibat pungli namun masih ada beberapa keuntungan dari adanya pungli terbut, apa saja itu.

1. Sopir truk tidak takut membawa muatan overload

Sebagai contoh, saya seorang supir truk , saya tahu dan sehat jasmani serta fikiran bahwa saya membawa muatan lebih dari ketentuan, ketika sampai di jembatan timbang atau di setiap jalan, saya pasti disuruh minggir dan ditanya ini itu,

secara ketentuan pasti muatan saya suruh diturunkan di lokasi, iya kalo itu muatan pasir mudah bongkarnya, kalau bawanya kusen, apa tidak rugi banyak, tapi beruntung ada pungli, cukup bayar dan bisa lanjut perjalanan.

2. Bebas memodifikasi truk

saya pernah ditangkap karena membawa truk colt diesel dengan panjang 7 M, coba bayangkan mana ada colt diesel sepanjang itu, kalau bukan karena mbah pungli mungkin truk itu sudah tidak bisa beroprasi, kalau mau beroprasi mesti dipotong itu body truk, rugi lagi deh.

3. Penghasilan sopir bertambah

Sesuai hukumnya, makin banyak barang dibawa makin banyak uang kau bawa pulang, karena adanya pungli maka supir berani membawa muatan lebih, kadang munjung sampai keatas, kadang memanjang sampai ke ekor, malah ada yang tinggi ke atas dan panjang kebelakang. di ibaratkan muatan fuso dibawa colt diesel, sudah pasti ongkos jalan akan bertambah,karena kita berfikir jika dijalan ada masalah bisa damai dengan pungli.  maka makin banyak pula pendapatan supir. coba kalo dijalan tidak ada pungli, pasti sudah masuk polres itu truk,


Sebagai seorang supir sebenarnya kita sadar bahwa apa yang kita berikan kepada mereka itu tidak benar, namun terkadang kita juga ikut melestarikan hal tersebut, andai semua bisa mudah dan lancar serta cepat tanpa pungli mungkin perjalanan kita semakin enak.

demikian sekilas info tentang pungli , salam sukses, salam satu aspal



Load disqus comments

0 komentar