Universal Joint / Cross Joint Truk Hyundai



Gambar : Universal Joint Hyundai

Propeller shaft terdiri dari universal joint, propeller shaft tube dan sliding joint (sleeve, yoke, sloding 

yoke dan splined yoke). Selengkapnya telah dibahas pada uraian singkat berikut di bawah.



Propeller Shaft Tube 

 Propeller shaft tube dapat terbuat dari pipa baja solid yang dibuat hollow (poros berlubang) atau pipa yang di las, dapat juga shaft solid yang digunakan sebagai propeller shaft tube. Shaft hollow lebih banyak digunakan dibandingkan shaft yang solid. Kekuatan, panjang, diameter dan ketebalan propeller shaft tube dirancang dengan teliti karena komponen ini akan menyalurkan torque yang besar pada kecepatan satu dan gerakan mundur serta menerima beban yang ekstrim sewaktu unit sedang beroperasi.


Sliding Joint 
  Sliding joint terdiri dari satu pasang hollow shaft dan round bar shaft yang menyalurkan tenaga karena perubahan jarak. Gambar sliding joint adalah seperti di bawah ini

Universal joint

Universal joint atau biasa saya sebut sambungan kopel memiliki fungsi sebagai jembatan penghubung antara kopel dengan kopel yang lainnya, pada umumnya truk Hyundai memiliki 3 Universal joint, sambungan ini menjaga agar kopel dapat berputar dengan baik dan membuat kopel dapat di stel ke atas atau kebawah namun perbutaran tetap stabil.

baca juga:Pen per truk hyundai lepas,bagaimana menggantinya

Kondisi jalan mempengaruhi kerja suspensi dan berakibat pada posisi differential selalu berubah-ubah terhadap transmisi. Universal joint dipakai untuk mengatasi kondisi tersebut agar poros selalu dapat berputar dengan lancar, bayangkan andai saja kopel ini tidak memiliki universal joint, mungkin saja kopel akan sering patah karena tidak bisa mengikuti kondisi jalan yang berlubang terjal, sehingga universal joint ini amat sangat vital, sehingga universal yang bagus harus memiliki sifat:


- Dapat mengurangi resiko kerusakan propeller saat poros bergerak naik/ turun, 
- Tidak berisik atau berputar dengan lembut, 
- Konstruksinya sederhana dan tidak mudah rusak.


Gambar : posisi Universal Joint truck hyundai




Fungsi Universal Joint
- Penghubung poros propeler terhadap poros output transmisi ,
- Meredam perubahan sudut dan untuk melembutkan perpindahan tenaga.

Perawatan
- Apabila terdapat kotoran di sekeliling universal joint maka bersihkan. kotoran bisa berupa tanah maupun  bekas vet.
- Pada jangka waktu tertentu masukkan vet dengan menggunakan pompa vet melalui nipel pelumasan.
Sparepart
 Untuk Universal Joint Truk Hyundai selama ini saya belum menemukan persamaannya, jadi tiap kali ada krusakan saya berupaya unutk memesan ke jakarta, dan bagi sobat yang telah mencoba dengan merek lain monggo di share biar kita semua kebagian ilmunya.
Load disqus comments

0 komentar