Tips Release Bearing Hyundai


Gambar : Blok Kopling
Release Bearing adalah salah satu komponen  yang bekerja pada unit kopling Truck. Bentuknya adalah sebuah bearing yang bekerja untuk meneruskan tekanan dari release fork (garpu pembebas). Release bearing ini menekan diafragma spring atau pressure lever sehingga pressure plate dapat terungkit mundur, yang membuat kampas kopling tidak terjepit oleh pressure plate dan flywheel. Kerja release bearing yang menekan ini tak hanya sekedar menekan, tapi harus berputar. Gerakan menekan dan berputar inilah yang dialami oleh release bearing. Tidak seperti bearing pada umumnya yang hanya berputar, tapi bearing dari release bearing ini harus dapat berputar dan menekan. Sehingga dalam pembuatannya diperlukan material khusus yang dapat melakukan dua fungsi kerja tersebut.
Beberapa gejala yang mungkin timbul apabila reales bearing ini mengalami masalah:

1. kerja penekanan ke diafragma spring / pressure lever menjadi tidak baik.
2. Release bearing tidak dapat berputar dengan mulus. Akibatnya diafragma spring /pressure lever dapat terkikis atau aus  oleh release bearing. Gerakan yang macet dari release bearing ini dapat dirasakan oleh pengemudi,  yaitu dengan terasanya pedal kopling bergetar saat pedal kopling diinjak. Gerakan release bearing yang macet dapat membuat diafragma spring patah, atau pada pressure lever mengalami keausan yang sangat. Untuk itu pemeriksaan release bearing harus segera dilakukan bila pedal kopling bergetar saat diinjak.

3. Terdengar Noise diarea Housing clucth.
4. Pedal Kopling Keras

Cara Perbaikan Realese Bearing Untuk Truck Hyundai terbilang susah,  berikut cara perbakannya.

Gambar : Release Bearing Hyundai
1. siapkan kunci kunci
2. siapkan chain block

turunkan housing clucth dan lepaskan release bearing, lakukan pemeriksaan release bearing dengan visual dan pengujian

   (a) Putar bearing dengan tangan dan berilah tenaga
       pada arah axial. Jika putaran kasar dan atau terasa
       ada tahanan sebaiknya ganti!

   (b) Tahan hub dan case dengan tangan kemudian
       gerakkan pada semua arah untuk memastikan self-centering system agar tidak tersangkut
 (c) Liat apakah release bearing kering,
Bilamana kedua pemeriksaan diatas sudah dilakukan dan bearing masih bagus, coba cek apakah relesae bearing kering, bila kering berikan saja grease.
  • Sparepart


Untuk release beraing truck hyundai ada perbedaan antara 125 PS dan 136 PS, serta sparepart ini tidak ada persamaannya jadi kita perlu untuk mengorder sparepart asli truck hyundai, dan harganya antara 1jt- 1.3 jt. Saya pernah mencoba untuk memakai reales bearing truk lain dengan diameter sama untuk porosnya, namun tidak cocok untuk dudukan tuas fork nya.

note: Bila anda kesusahan dalam mencari sparepart ini, anda bisa menghubungi saya, dan saya bisa membantu
Sekian info dari saya semoga bermanfaat.


Load disqus comments

0 komentar