Bearing as roda belakang truk Hyundai

Bearing as roda truk hyundai - Komponen ini berfungsi untuk memberikan putaran yang sempurna pada roda dengan memberikan medium yang minim gesekkan. Musuh utama bearing atau komponen yang lazim dikenal dengan nama laher ini adalah air dan kotoran.Sebelum menuju pada permasalahan tidak ada salahnya kita mengenal dulu bagian bagian bearing, bearing terdiri dari 3 bagian, atas bagian yang pertama yaitu bagian luar lingkaran besi, kedua bagian tengah yaitu bagian yang terdiri dari bola-bola besi (pelor), dan ketiga bagian dalam lingkaran atau yang disebut poros bearing. Biasanya bagian bola besi ini yang paling rawan rusak karena berputar mengikuti poros bearing sesuai dengan putaran roda motor, sedikit saja cacat yang ada di salah satu bola besi akan mengakibatkan poros atau bagian luar bearing terkikis.
Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa bearing atau laher roda motor yang kita tunggangi cepat rusak, yang pertama memang jalan yang dilalui motor tersebut terlalu ekstrim, bergelombang, atau bahkan berlubang sehingga bearing sering terkena hantam dan cacat.

Beberapa penyebab bearing cepat rusak:

1. Sering Terendam Air
Dikala musin hujan tiba maka bearing akan sering bertemu dengan genangan air, terutama jika operasionalnya  menuju kearah yang rawan banjir, roda harus menerjang genangan banjir, air hujan akan masuk kebagian bearing bersam adengan kotorannya dan mengikis grease yang melumasinya, lama kelamaan bearing menjadi kering dan gesekan roda roda pelor dengan metal diatas dan dibawahnya ditambah kotoran yang terbawa air akan membuatnya tergores, lama kelamaan menjadi tidak bulat, dan longgar deh.

2. Seal Bearing sudah rusak .
Seal rusak dikarenakan sobek ataupun getas sehingga bearing menjadi habis keluar,membuat bearing menjadi berkarat.

3.Dudukan Bearing sudah longgar 
Dudukan bearing yang longgar bisa disebabkan karena kesalahan pemasangan bearing,  kadang bearing tidak pas dipasangkan kedalam wadah, mangkuk, atau keselongsong gardan, pemasangan yang miring akan mengikis rumah bearing itu sendiri, lama kelamaan bearing menjadi longgar.

Kesimpulan dari ciri ciri bearing roda hyundai yang rusak

1. Terdengung bunyi dengung saat truk jalan dan semakin keras saat kecepatan semakin tinggi
2. Bila roda belakang didongkrak, kemudian digoyang atas bawah samping kanan kiri, roda teras kocak/oling/ada spelling yag tidak wajar
3. Ketika roda diputar teras getaran atau bunyi seperti metal bergesekan

Sparepart

Gambar : Bearing orisinil Hyundai Truck
Bearing hyundai ini tidak ada bedanya dengan bearing bearing pada truk kebanyakan , bearing roda belakang memiliki 2 komponen, yaitu bearing bagian dalam dan bearing bagian luar. sedang untuk roda depan hanya memiliki 1 bearing. namun sparepart ini belum ada persamaanya, baik untuk roda depan ataupun bearing roda belakang, maka harap berhati hati dengan sparepart ini, jika mengalami kerusakan biasanya saya pesan langsung ke sparepart korindo, jangan kaget, memang harganya mahal tapi mau tidak mau ya harus kita ganti karena belum ada persamaan dengan truk lainnya.

Demikian info dari saya semoga bermanfaat.


Load disqus comments

2 komentar