Penyebab mobil tidak kuat distater

Memang sebuah hal yang sangat menyebalkan dan membuat pusing kepala ketika tiba-tiba mobil mogok dan susah di starter, padahal sebelumnya lancar-lancar saja saat mesin di starter dan tidak menunjukkan gejala yang aneh pada truk. Ini sebenarnya bukan sebuah hal yang aneh, karena memang kelistrikan truk dapat mengalami masalah secara tiba-tiba tanpa sebelumnya disertai dengan tanda-tanda akan mengalami kerusakan. Terlebih jika supir tidak rajin merawat kondisi kuda besinya..ya wajar saja bila tiba-tiba truk mogok.

Jika timbul pertanyaan, kenapa tiba-tiba truk bisa sulit di starter ya?.., sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi, bisa karena faktor kerusakan dari sistem kelistrikan ataupun dari kerusakan komponen mesin yang sifatnya sangat kompleks. Mungkin juga sobat pernah mengalami hal seperti ini, jadi disini saya akan membantu menjabarkan apa saja yang sebenarnya bisa membuat truk tidak kuat distater.

Gambar : Check kadar air accu
1. Check kondisi Accu.
 Karena merupakan sumber dari kelistrikan pada mobil yang sangat mempunyai pengaruh besar terhadap suplai arus listrik, Kalau aki (accu)  sudah terlihat kurang cairan dan umur aki sudah lebih dari 2 tahun juga bisa menyebabkan aki tekor dan tidak kuat mengalirkan arus untuk starter;Periksa juga kabel kutub pada aki, jika kotor karena kerak ataupun jamur dan soket kepala aki kendor bisa membuat aliran listrik mobil terganggu. Truk hyundai standar aki yang saya pakai adala n70 z.70 ampere.

Nah apabila setelah dilakukan pengecekan ternyata accu masih bagus, item ini perlu kita check, kemungkinan anchornya aus,brushnya habis, atau gulungan nya putus dan check kabel yang dari accu apakah bagus atau putus.
Bila dynamo starter rusak biasanya saat kunci kontak diputar hanya terdengar bunyi ck..ck. Segera perbaiki atau diganti dengan yang baru. Kerusakan juga bisa terjadi pada gear dinamo starter yang rusak, tandanya jika terdengar suara dinamo berfungsi namun hanya terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran mesin. Bila dynamo starter rusak biasanya saat kunci kontak diputar hanya terdengar bunyi ck..ck. Segera perbaiki atau diganti dengan yang baru. Kerusakan juga bisa terjadi pada gear dinamo starter yang rusak, tandanya jika terdengar suara dinamo berfungsi namun hanya terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran mesin.

3.Alternator,
Gambar:Check Kuat arus bateri
Item ini men-supplay arus ke accu, apabila terjadi masalah pada komponen ini kita bisa check dengan menggunakan alat ukur voltase, kita ukur seberapa besar alternator ini mengisi arus ke accu, apabila kecil arusnya sudah barang tentu accu tidak akan pernah terisi penuh, ya alhasil motor stater tidak akan mampu berputar

Baca juga: bagaimana mengecek alternator.

Ada baiknya setelah semua langkah diatas dilakukan lebih baik kita bawa aki ke tempat service untuk disi ulang supaya tegangannya maksimal karena minimal penyetruman aki adalah 8 jam, mungkin dari yang saya jabarkan diatas hanya sebagian kecil dari penyebab tidak kuat stater, semoga info saya sedikit membuka wawasan anda, terima kasih
Load disqus comments

0 komentar