Master Kopling Bawah truk Hyundai

Gambar : Posisi Master kopling bawah
Truk hyundai memiliki  dua buah master kopling ,yaitu master kopling atas dan master kopling bawah. Letak master kopling atas berada menempel pada body mobil tepat disebelah booster/servo rem. Sedangkan master kopling bawah letaknya menempel pada blok transmisi bagian kiri bawah.seperti tampak pada gambar:

baca juga: Master kopling atas hyundai

Cara kerja master kopling bawah  adalah saat pedal kopling diinjak maka pedal otomatis akan menekan master kopling atas yang memang berhubungan langsung. Kemudian master kopling atas mengalirkan minyak rem dengan tekanan tinggi menuju master kopling bawah melalui selang tekanan tinggi. Lalu master kopling bawah saat bersamaan akan menekan garpu kopling. Garpu kopling dan drek laher kemudian menekan cluth cover atau matahari,dan matahari pun menekan kampas kopling sehingga terjadilah pengoplingan pada kendaraan.

baca juga :Cara kerja kopling

Kerusakaan pada master kopling bawah dapat mengakibatkan sulitnya perpindahan percepatan atau perpindahan gigi persneling. Biasanya disebabkan karena master kopling bawah bocor,sehingga tidak dapat menekan garpu kopling. Master kopling bawah  bocor biasanya disebabkan karena piston dan seal master kopling sudah aus karena dimakan usia. Atau bisa juga karena kotoran yang masuk dan merusak seal kopling..

Ada kelebihan dan  kelemahan dengan memakai master kopling atas bawah dibanding dengan memakai kabel kopling, seperti yang saya rangkum berikut ini:

1. Pedal kopling menjadi lebih enteng dan lebih nyaman berkendara dikala macet dibanding dengan kopling yang memakai kabel
2. Mudah mendeteksi apabila mulai mengalami kerusakan seperti :
    a. Kopling terasa berat
    b. Memasukkan gigi transmisi menjadi susah
    c. Minyak kopling menyusut
3. Dalam keadaan darurat apabila master kopling rusak, truk masih bisa dikendarai sampai bengkel terdekat
4. Lebih sering banyak masalah dibanding dengan memakai kabel kopling
5. Bilamana truk lama tidak dipakai master kopling lebih sering berkarat sehingga seal karet master atas bawah menjadi seret, susah balik bahkan karetnya melipat.

Harus memiliki cadangan oli kopling untuk menambah bilamana minyak mulai menyusut.

Sparepart

Gambar : Master kopling hyundai
Solusi bila master kopling bawah rusak, untuk item ini sobat tidak perlu repot, tenang karena saya sudah menemukan samaannya yaitu canter 125 ps,ada perbedaan antara sparepart truk hyundai untuk 125 PS dan 136PS. Perbedaan terletak pada panjangan tuas, yaitu tuas yang menghubungkan antara master kopling dengan garpu kopling, trk hyundai 136 ps tuasnya lebih panjang di banding dengan 125 ps. Sedang untuk master kopling colt diesel bisa dilihat pada gambar di samping

sama persis dengan master kopling colt diesel, jadi tak perlu repot kalau master kopling bawah rusak.

baca juga : Kopling truk hyundai

Untuk mencegah kerusakaan pada master kopling kita harus melakukan perawatan. Dengan cara mengganti minyak rem pada master kopling. Jaga kebersihan truk.karena jika truk kotor dan dibiarkan terutama bagian bawah dimana kopling bawah terletak akan cepat merusak master kopling bawah.
demikian info saya soal master kopling bawah truk hyundai
Load disqus comments

0 komentar